Header Ads

DPR Minta Polisi Usut Kasus Pelecehan Seksual di Rumah Sakit

SURABAYA - REPORTASE.ID, Okky Asokawati Anggota Komisi IX DPR RI sekaligus sekretaris Dewan Pakar PPP prihatin dengan Video Viral Dugaan Pelecehan Pasien oleh Tenaga Kesehatan.

"Kami Prihatin dengan video yang telah menjadi viral di publik soal dugaan pelecahan yang dilakukan tenaga kesehatan kepada pasien perempuan," kata Okky dalam keterangan tertulis, Kamis (25/1/2017).   
Menurutnya peristiwa tersebut jangan sampai menimbulkan keresahan di tengah masyarakat khususnya pasien atas jaminan perlindungan kehormatan saat dilakukan tindakan kesehatan di rumah sakit.

Mendorong rumah sakit di Indonesia untuk memastikan dalam proses rekrutmen tenaga kesehatan dilakukan secara profesional,  selektif dan mempertimbangkan berbagai aspek. 
"Tidak hanya sisi profesionalitas,  namun dari sisi psikologis calon pekerja harus menjadi pertimbangan yang utama,"katanya.

DPR -RI mendorong rumah sakit di Indonesia untuk memastikan jaminan keamanan pasien secara baik. 
Manajemen keamanan harus menjadi isu penting bagi rumah sakit untuk memastikan keamanan,  kenyamanan baik terhadap pasien,  keluarga pasien maupun tenaga kesehatan.
Kami meminta aparat penegak hukum bertindak cepat,  cermat dan sigap untuk merespons informasi tersebut. 

"Mendorong aparat kepolisian melakukan penyelidikan atas dugaan pelecehan seksual tersebut dengan tetap menerapkan asas praduga tak bersalah," tegasnya. 
Polisi diharapkan dapat melakukan rekonstruksi atas dugaan pelecehan seksual tersebut secara komprehensif. Pihak rumah sakit juga harus proaktif dalam merespons peristiwa tersebut.
Hal yang sama,  organisasi profesi juga harus bergerak cepat untuk merespons masalah tersebut.(har)

Diberdayakan oleh Blogger.