Header Ads

Kebakaran di Ruko Mulyosari, Warga Selamatkan Ibu Tua

SURABAYA - REPORTASE.ID, Chandra Maria Oeratmangun Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya mengatakan, saat kebakaran di Ruko Roda Mas Jalan Mulyosari 106 terjadi, Minggu (15/10/2017), warga setempat segera mengevakuasi penghuni ruko.

"Jadi tadi warga menyelematkan ibu pemilik toko yang sudah tua, yang katanya baru saja turun dari atas saat kebakaran terjadi," ujarnya di sela-sela pembasahan bangunan.

Chandra menyebutkan, berdasarkan keterangan warga sekitar, ibu itu baru saja selesai berdoa di lantai dua bangunan ruko itu. Tiba-tiba api membesar.

Dia bahkan sempat berupaya memadamkan api dengan membuka tandon air di bagian belakang ruko. Tapi warga segera mengevakuasinya keluar Ruko karena api cepat membesar.

Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya menerjunkan 12 mobil pemadam kebakaran, juga satu buah mobil skylift, dibantu lima kendaraan tanki Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Surabaya.
Sejak pukul 08.40 WIB, proses pemadaman api berlangsung hingga pukul 09.30 WIB, sedangkan sampai pukul 11.00 WIB masih berlangsung proses pembasahan bangunan.

Chandra membenarkan, ada dua toko di samping Toko Roda Mas yang terdampak kebakaran. Toko Jaya Makmur Abadi dan toko alat kesehatan Neomed.

Kebakaran di Ruko Roda Mas itu cepat membesar karena adanya gudang penyimpanan bahan bangunan seperti tiner dan cat yang ada di lantai bawah bangunan.

Chandra menyebutkan, kemungkinan besar, ada material bangunan yang terbakar lalu jatuh ke gudang itu sehingga api cepat membesar. Namun penyebab kebakaran, sampai proses pembasahan dilakukan, belum bisa dipastikan.

"Yang pasti titik api awal itu dari lantai atas. Kami belum bisa memastikan apa penyebab kebakaran ini," pungkasnya.(har)

Diberdayakan oleh Blogger.