Header Ads

38 Taxi Online Sudah Miliki Ijin Penuh

SURABAYA - REPORTASE.ID, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Wahid Wahyudi, menyebutkan bahwa di Surabaya dan sekitarnya, saat ini terdapat 12.020 taksi online yang beroperasi.

Sayangnya, dari jumlah itu, baru 38 unit saja yang sudah mengantongi izin penuh.  "Dari 12 ribu, dalam data kami baru 2.830 kendaraan yang sudah mendapat izin prinsip dan baru 38 yang utuh kantongi izin penuh," terang Kepala Dishub Jatim Wahid, saat sosialisasi Permenhub 108 bersama Kepala Biro Hukum Kemenhub RI, Minggu (29/10/2017).

Wahid mengatakan, saat ini sedang berlangsung proses pengajuan izin oleh para pengemudi taksi online.
Seperti diketahui, saat diberlakukannya Permenhub 108 mulai 1 November 2017, semua taksi online itu harus berizin. Jika tidak akan ditindak tegas petugas. Polisi bersama petugas Dishub akan menilang dan menindak mereka.

"Segera urus dan tuntaskan izin sebagai angkutan sewa khusus. Bagi yang sudah mengantongi izin prinsip segera tuntaskan karena masa berlaku 6 bulan," lanjut Wahid.

Jika tidak segera dilanjutkan dengan penyempurnaan izin maka izin prinsip yang sudah dikantongi akan hangus. Dishub Jatim akan mencabut izin prinsip tersebut.

Sementara bagi yang baru ajukan izin segera dilengkapi. Wahid menjanjikan akan mempermudah Perizinan taksi online di Jatim.

Sejauh dokumen lengkap dan semua persyaratan dipenuhi akan ditertibkan izin resmi sebagai taksi online. Semua bergantung kemauan taksi online.

Wahid tak menampik bahwa belasan ribu taksi online di Jatim saat ini masih ilegal karena tak mengantongi izin sebagai angkutan sewa khusus. Angkutan sewa tidak dalam trayek karena berbasis aplikasi.
"Permenhub 108 menjadi solusi karena setidaknya bisa menjembatani taksi Online dan tidak terlampau memberatkan taksi konvensional," kata Wahid.(har)

Diberdayakan oleh Blogger.