Header Ads

Pemdes Nanga Tikan Utamakan Transparansi Penggunaan Anggaran

SINTANG - REPORTASE. ID,  Dana Desa maupun Anggan Dana Desa dalam penggunaannya tergantung dari para Kepala Desa masing-masing. Pencairan Dana Desa tersebut untuk mendanai pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat.

Jarang seorang Kepala Desa memberikan transparan (keterbukaan) terhadap masyarakat ataupun pada LSM maupun Wartawan yang merupakan sebagai sosial kontrol masalah dana/biaya yang dipergunakan dalam pembangunan di Desa tersebut.

"Kepala Desa Nanga Tikan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang,  Sumardi SH.  Mengatakan, dirinya selalu mengutamakan keketerbukaan terhadap siapapun. Kita tidak ada salahnya menerapkan sifat transparansi terhadap masyarakat, maupun terhadap lembaga lain", katanya Saat ditemui  wartawan reportase.id sabtu (2 september 2017).

Sumardi menjelaskan alasannya menerapkan sifat transparan yakni agar masyarakat bisa mengetahui diperuntukkan  apa saja Dana Desa yang telah dipergunakan, sehingga mencegah timbulnya pemikiran-pemikiran negatif  kepada pemimpin di Desa ini, hal ini tidak ada yang bisa ditutup tutupi," jelasnya.

Kemudian ia menambahkan, dirinya cukup memberi apresiasinya terhadap kaur beserta stapnya juga perangkat BPD yang sudah percaya terhadap kepemimpinannya. Dan selalu membantu dalam mengelola DD tersebut, kita selalu bekerja sama baik dibidang administrasi maupun dibidang pembangunan," tambahnya.

Mudah-mudahan ditahun 2017 ini penggunaan Dana Desa ini bisa terwujud sesuai yang diharapkan dalam APBDes dan ini adalah tugas dan tanggung jawab kita semua. ungkap Mardi sambil ngopi bareng dirumah kediamannya di Nanga tikan.

Adapun penggunaan Dana Desa tahun 2017 ini untuk tahap satu, dengan anggaran yang 60% adalah di laksanakan Pembangunan Pasar Desa di dusun Nanga Tikan. Sedangkan Pembangunan PAUD di Dusun Sungai Manan dan Pembuatan Drainase di Dusun Telingan, katanya.  (Alex)

Diberdayakan oleh Blogger.