Header Ads

Satgas Pamtas RI - Malaysia Tangkap Terduga Pembawa Sabu 10,4 Kilogram

SANGGAU -  REPORTASE. ID,  Pada Minggu (27/08) pukul 07.03 Wib telah dilakukan penangkapan terhadap PH (28) terduga pembawa narkotika jenis sabu seberat 10,4 Kilogram selundupan dari Malaysia. PH yang diketahui merupakan warga Beduwai,  Kabupaten Sanggau,  Kalimantan Barat itu berhasil ditangkap satuan TNI Satgas Pamtas RI - Malaysia pada Minggu pagi di Jalan Balai Batang Tarang setelah dilakukan pengejaran dari Kecamatan Kembayan.

Kronologi kejadian,  PH yang menggunakan motor Vixion dan belum keluar plat nomor kendaraannya sudah diincar penangkapannya oleh petugas berdasarkan informasi jaringan intel pada 26 Agustus 2017 dimana akan ada penyelundupan narkoba menuju Pontianam dan akan melewati pos TNI pamtas.

Atas dasar informasi itu,  kemudian dibawah komando Pasi Intel Lettu Inf Andri Putra Situmorang Nrp 11120004410289 beserta 3 orang anggota satgas pamtas Yonif 642/Kps dibantu oleh Tim dari  Bea Cukai Entikong melaksanakan brefing singkat di Pos Kout Balai Karangan untuk mengatur rencana kegiatan sweping dan penangkapan PH alias Petrus Hanter.

Pada pukul 18.00 -  05.00 Wib,  Sabtu (26/08), Pasi intel satgas Yonif 642/Kps berkoordnasi dengan Danpos kout untuk melaksanakan Sweeping kendaraan kepada setiap pengendara yang melintasi Pos Kout. Kemudkan pukul 20.00 Wib Pasi intel menyampaikan ke Danpos Kout untuk membagi personil menjadi 3 kelompok agar menutup jalan-jalan pelolosan maupun jalan tikus yang kemungkinan akan digunakan PH untuk lolos. Serta memberi penekanan kepada pos kout untuk memperketat pemeriksaan setiap kendaraan yang melintasi Pos Kout Balai Karangan.

Sekira pukul 23.00 Wib Pasi intel dan Tim dari Bea Cukai membagi tugas kepada Personil yang terlibat dalam sweping menjadi 2 kelompok, dan berangkat menuju kedudukan masing-masing yang sudah di tentukan dari Satgas Pamtas RI-Malaysia dan Tim Bea Cukai.

Pukul 01.20 Wib 2 kelompok yang terdiri dari satgas pamtas RI-Malaysia tiba di jalan pelolosan maupun jalan tikus yang sudah di Plot antara lain di Simpang Gereja Beduai dan Simpang Balai Sebut.

Benar,  pada Minggu (27/08) pukul 05.00 Wib melintas Target Operasi yaitu PH alias Petrus Hanter yang sudah ditunggu dijalan pelolosan dan keluar melalui jalan tikus yang tembus ke simpang balai sebut.

Tanpa menunggu waktu lama,  2 kelompok yang berada di Simpang gereja dan Simpang Balai Sebut langsung bergerak mengejar target operasi yang menggunakan motor vixon dengan plat nomor tidak ada dan target menuju ke arah pontianak.

Pada pukul 07.03 Wib Satgas Pamtas RI-Malaysia yang dipimpin oleh Pasi intel satgas Yonif 642/Kps dan Tim Bea cukai dapat menangkap pelaku penyelundupan Narkoba di Jalan Raya Batang Tarang, Kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau,  Kalimantan Barat.(mthry/dn)
Diberdayakan oleh Blogger.