Header Ads

Minta Pemkab Bantu Perbaiki Jalan Mekar Jaya

SINTANG -  REPORTASE. ID,  Sejumlah pengguna ruas jalan dari Sungai Kawat menuju RT/RW 06/03 Sungai rembai Kelurahan Mekar jaya kecamatan Sintang Kabupaten Sintang mengeluhkan rusaknya ruas jalan tersebut. Bahkan jalan tersebut sangat sulit dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat, karena jalan tidak pernah dirawat dan tidak ada perbaikan dari Pemerintah Kabupaten, Kalimantan Barat.

Rusaknya ruas jalan tersebut merupakan tanggung jawab Kabupaten, karena masih kategori jalan Kabupaten. ruas jalan tersebut kurang lebih mencapai 4 KM. Dan sepanjang itu juga merata rusaknya. Tak hanya itu saja lumpur pun banyak terdapat di ruas jalan tersebut terlebih jika ada hujan.

Dalam perjalanan dari Dusun Sungai kawat menuju RT/RW 06/03 Sungai rembai Sulit memilih jalur yang bisa dilintasi kendaraan roda dua. Kondisi seperti itu sudah berlangsung cukup lama,

"Karena rusaknya kondisi jalan, sejumlah pengendara dari arah Sungai kawat  menuju RT 06 atau sebaliknya banyak yang lebih memilih jalur sungai dari pada melewati jalur darat. Dari pada kendaraan rusak mending lewat sungai, meskipun biaya agak tinggi,� kata Hamdan.S, Ketua RT 06 Sungai rembai dirumahnya.

Dijelaskannya, " Sejak kurang lebih 10 tahun sudah jalan tersebut dibangun sampai diturunkannya berita ini belum pernah ada perbaikan dari pihak pemerintah Kabupaten. Padahal setiap kegiatan musrenbang tingkat desa maupun Kecamatan selalu diajukan. Tapi tidak pernah direspon oleh Pemkab Sintang," Jelas Hamdan.

Diakui Hamdan, "Masyarakat RT 06 Sungai rembai kurang memiliki SDM yang cukup. Ini diakibatkan anak anak mau melanjutkan pendidikan sangat terbatas. Sebab siswa siswi SD masih lah tidak sekolah jauh, tapi bagi siswa siswi SMP, mereka sekolahnya di mengkurai harus menyebrang sungai kapuas, dan memakan biaya Rp.30 ribu untuk beli minyak speedbood. Sdangkan Siswa siswi SMA sekolahnya di Sintang dan juga mempergunakan speedbood." katanya.

Harapan kami khususnya masyarakat RT.06 Sungai tembai kata Hamdan, supaya ada perhatian Pemerintah tethadap imfrastruktur yang ada untuk menuju RT kami. supaya anak anak kami yang melanjutkan pedidikan ke Sintang bisa pergunakan jalur darat, supaya mengurangi ongkos teransportasi," harapnya.  (Alex)

Diberdayakan oleh Blogger.