Header Ads

LH Sanggau Pastikan Kolam PT TBS Tak Bocor

SANGGAU - REPORTASE. ID, Tim TP5K yang dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat,  Ir. Basitha Ginting, telah memeriksa pengelolaan limbah milik PT. Tayan Bukit Sawit di Kembayan pada hari Rabu 30 Agustus 2017 lalu.

Kepada REPORTASE.ID., Kamis (31/8) Bu Basitha mengatakan bahwa pemeriksaan ini dilakukan karena adanya pemberitaan pencemaran sungai yang diduga berasal dari limbah PKS PT.  TBS.

"Dengan adanya informasi melalui pemberitaan oleh salah satu media Online, pihak Pemda Sanggau bertindak cepat langsung menurunkan TP5K menuju lokasi PT. TBS yang berada di Desa Tanjung Merpati, Kembayan, " katanya.

Berkaitan dugaan pencemaran lingkungan hidup oleh PT. Tayan Bukit Sawit ini, TP5K menyampaikan hasil Verifikasi Lapangan.

"Temuan kami terhadap lokasi dugaan terjadinya pencemaran yang terletak kurang lebih 800 meter dari Kolam IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) yang berjumlah sembilan buah kolam ini, ternyata masih ada dua kolam yang belum terisi limbah, bahkan masih ada tambahan dua kolam yang sedang dalam pembuatan, namun di bibir kolam ketiga terdapat tumpukan tandan kosong" papar Bu Basitha.

Bu Basitha menambahkan, dari semua tanggul yang berisi air limbah tidak ditemukan adanya kebocoran.
"Sementara kita lihat bersama tidak ada yang bocor dan tidak ada yg merembes, namun arahan kita kepada pihak TBS untuk membuat tanggul lebih tinggi sebagai bentuk antisipasi kedepannya dan kita juga menyarankan agar timbunan tandan kosong di tepian kolam segera disingkirkan serta lakukan penghijauan dengan tanaman agar terlihat asri" tambahnya.

Bu Basitha mengingatkan agar Pihak TBS juga tak lupa memasang nama dan nomor kolam agar kelihatan fungsi dari masing-masing kolam, serta rutin lakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap IPAL agar tetap berfungsi normal. (NdN)

Diberdayakan oleh Blogger.