Header Ads

Dandim 1204/SGU Turut Dampingi Kapusluh Kementan Panen Jagung di Perbatasan

SANGGAU -  REPORTASE. ID,  Rabu tanggal 30 Agustus 2017 digelar panen raya jagung dalam rangka mendukung pengembangan lumbung pangan berorientasi ekspor di Desa Kenaman Kecamatan Sekayam (Daerah perbatasan) Kabupaten Sanggau,  Kalimantan Barat.

Hadir dalam panen itu yaknk Kapusluh Kementan Bpk Fathan,  Ka. balai pengkajian tehnologi pertanian Prov. Kalbar Bpk. Sigit Sapto Widodo,  Ka. Dinas pertanian THP prov. Kalbar Heronimus Hero,  Ka.  Dinas Perranian Sanggau Ir. H.  Jhon Hendri,  Dandim 1204 Sgu Letkol Inf Herry Purwanto, unsur muspika,  penyuluh,  poktan dan masyarakat tani lainnya.

"Kita mendapatkan kepercayaan dari kementerian pertanian untuk melaksanakan penanaman 15.000 ha tanaman jagung.  Tanaman jagung di perbatasan sangatlah  menjanjikan dalam meningkatkan ketahanan pangan untuk ekspor.  Semoga dengan ini para petani jagung dapat termotivasi untuk menanam jagung dan meningkatkan ketahanan pangan di daerah perbatasan," harap John Hendri,  Kadis Pertanian Sanggau.

Sementara itu,  Kepala Balai pengkajian tehnologi pertanian (BPTP) Kalimantan Barat,  Sigit Sapto Widodo
memaparkan,  Panen raya jagung ini merupakan percontohan sebagaj lumbung pangan berorientasi ekspor dari pemerintah untuk daerah perbatasan.

"Untuk benihnya digunakan komposit lamuru karena banyak keuntungan dan kemudahannya yaitu tahan kekeringan dan tahan akan penyakit.  Hasil panen jagung ini diperkirakan 6,9 ton per hektar dan disini ditanam sebanyak 7 hektar sehingga dapat disimpulkan,  tanaman jagung di Sekayam cukup produktif.  (mthry/dn)

Diberdayakan oleh Blogger.